Jelang Pilkada, KPU Parepare Buka Kelas Demokrasi

12 April 2017 20:36
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare membuka kelas pemilu dan kelas demokrasi yang berlangsung di Media Center dan Rumah Pintar Pemilu Mappamacca, KPU Kota Parepare, Rabu (12/4/2017) (kalma/inikata)

PAREPARE,INIKATA.com – Bertajuk ‘Pemilih Cerdas, Demokrasi Berkualitas’, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare membuka kelas pemilu dan kelas demokrasi yang berlangsung di Media Center dan Rumah Pintar Pemilu Mappamacca, KPU Kota Parepare, Rabu (12/4/2017),

Ketua KPU Kota Parepare, Nur Nahdiyah, menjelaskan, kegiatan tersebut digelar dengan maksud menyebarluaskan infomasi tentang pemilu dengan memanfaatkan rumah pintar pemilu yang telah dilaunching beberapa waktu lalu yang dihadiri Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latif.

” Kita coba memanfaatkan rumah pintar dengan membuat kelas demokrasi untuk pelajar dan pemilih pemula serta kelas pemilu untuk menyebarkan infomasi tentang Pemilu dan memotret calon pengelenggra Adhock,”jelasnya.

Pada kegiatan tersebut kata dia, lebih membahas tekhnis dan pengetahuan umum terkait pemilu yang akan digelar 2018 mendatang.

” Yang kita bahas adalah teknis dan pengetahuan umum kepemiluan, inilah salah satu bentuk pendidikan pemilih yang kita lakasanakan,”tambahnya.

Divisi SDM dan Partispasi Pemilih KPU Kota Parepare, Mursalin Muslimin menambahkan, kelas demokrasi dan kelas pemilu dimaksudkan untuk mempermaklumkan dan menginformasikan kepada publik tentang pentingnya pendidikan pemilih dalam mewujudkan demokrasi yang berkualitas.

“Secara umum, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses tahapan pemilu dan menjadi salah satu sarana dalam meningkatkan kualitas kecerdasan pemilih,”paparnya.

Secara khusus, pihaknya mengatakan, Ada beberapa yang diharapkan dari kegiatan tersebut.

“Diantaranya memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi, menanamkan kesadaran nilai-nilai berdemokrasi,dan menjadi salah satu sarana dalam memotret dan mengamati bakal calon anggota relawan demokrasi, pionir bakal calon aktivis kampung dokradi dan bakal calon penyelenggara Ad Hock(PPK,PPS dan KPPS) serta Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pemilu atau Pemilukada,”tutupnya.

Diketahui, kegiatan yang diselenggarakan KPU kota Parepare sasarannya adalah masyarakat umum yang berdomisili pada 22 kelurahan se-Kota Parepare.(**)