Puluhan Kendaraan Roda Dua Terjaring Tilang Online Satuan Lantas Polres Jeneponto

11 April 2017 17:30
Kasat Lantas Polres Jeneponto, AKP Ribi

JENEPONTO, INIKATA.com – puluhan kendaraan roda dua dari berbagai jenis terjaring operasi penertiban yang diberi nama operasi tilang online di depan kantor Polsek Bangkala, yang dilakukan Satuan Lantas Polres Jeneponto, Selasa (11/4/2017).

Kasat Lantas Polres Jeneponto, AKP Ribi menjelaskan, tujuan dari operasi ini adalah untuk penertiban sehingga masyarakat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

“Ini kan banyak sekali kecelakaan yang diakibatkan karena manusia tidak mau tertib, tidak pakai helm, tidak ada SIM, tidak ada STNK. Kalau tertib menghindari yang namanya pelanggaran terutama kelengkapan kendaraan,” tegas AKP Ribi.

Ia juga mengatakan, kita tidak menggunakan lagi tilang manual, keadaan terpaksa kita juga bisa gunakan kalau memang hal-hal yang mungkin prinsip, “tilang online secara keseluruhan, seluruh Indonesia berlaku tilang online,” katanya.

“tilang online ini mudah bagi pelanggar karena dia bisa ambil kembali uangnya setelah bayar denda tilangnya di BRI. Jadi, uang itu dititiplah dan dia akan kembali ke pemiliknya bila sudah ada putusan di Pengadilan. Banyak uang jaminan dibayar karena banyak juga pelanggarannya,” tutur AKP Ribi.

Contohnya, dia tidak memiliki SIM dendanya Rp 1 juta, pelanggaran tidak pakai helm Rp 250 ribu rupiah.