Begini Kronologi Kejahatan Penyanderaan Ibu dan Anak di Angkot

10 April 2017 21:36
Pelaku penyanderaan anak dan ibu di angkot. (Foto: ist)

INIKATA.com – Seorang anggota Polisi Lalu Lintas dari Satwil Polres Metro Jakarta Timur bernama Aiptu Sunaryanto berhasil melumpuhkan pelaku penodongan yang menyandera seorang ibu menggunakan pisau di Jalan I Gusti Ngurah Rai, tepatnya di depan Biokop Buaran, Klender Jakarta Timur, Minggu (9/4/2017).

Kapolsek Duren Sawit Kompol Yudho Huntoro SIK, MIK mengatakan, aksi penyanderaan itu dilakukan tersangka Hermawan di dalam angkot jurusan Rawamangun-Pulogadung (KWK-T25) sekira pukul 19.00 WIB. Pelaku menodong meminta HP, Kalung dan Gelang korban.

“Pelaku naik angkot dari prapatan sendirian, sekira didepan Kantor Perumnas III pelaku mengeluarkan sajam dan menodongkannya ke seorang ibu dan meminta HP, kalung dan gelang kepada penumpang yang bernama ibu Isnawati yang saat itu sedang menggendong anaknya,” ujar Kapolsek Duren Sawit.

Kemudian ketika berada di traffic light Buaran, Ibu Isnawati berteriak minta tolong sehingga mengundang perhatian warga sekitar, dan membuat pelaku panik sehingga menyandara korban menggunakan pisau. Dalam waktu yang bersamaan seorang anggota Satlantas Jakarta Timur, Aiptu Sunaryanto yang sedang melintas untuk berangkat dinas mendatangi lokasi melihat korban sedang disandera pelaku.

“Setelah saksi berada didekat angkot dan melihat situasi di dalam ternyata pelaku sudah menodongkan pisau ke leher korban (disandera). Saksi berusaha untuk melakukan negosiasi sekitar 1/2 jam agar pelaku mengurungkan niatnya namun tidak berhasil malah mengatakan agar polantas diam sambil mencaci maki Polantas,” ungkap Kapolsek.

Negosiasi tidak berhasil, Aiptu Sunaryanto tidak tinggal diam begitu saja ia pun menunggu waktu lengahnya pelaku, disaat waktu yang tepat, Aiptu Sunaryanto lalu menembak pelaku pada bagian lengan kanan pelaku, saat itu juga saksi langsung membekuk pelaku dan dibantu oleh masyarakat sekitar.

“Sekira 1 jam akhirnya pelaku dapat diamankan,” jelas Kapolsek.

Setelah berhasil diamankan, pelaku yang mengalami luka tembak selanjutnya di bawa ke RS. Polri Kramat Jati untuk menjalani perawatan intensif. (**)