Keluarga Pasien Keluhkan RSUD Pangkep yang Jorok

4 April 2017 19:17
Salah seorang pasien yang tengah dirawat di RSUD Pangkep

PANGKEP, INIKATA.com – Belum cukup sebulan Rumah sakit Umum Daerah (RSUD)  Pangkep jadi sorotan Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat mengunjungi keluarganya yang sedang dirawat dan kali ini salah seeorang keluarga pasien bernama Nursanti Fauzan yang dirawat di RSUD Pangkep mengeluhkan kebersihan rumah sakit tersebut.

Keluhan itu disampaikan melalui media sosial facebook. Dalam updatenya di facebook, Nursanti mendapat 153 komentar dan 47 kali telah dibagikan.

Isi update tan Nursanti Fauzan berbunyi “Bagaimana pasien mau sembuh kalau rumah sakit seperti ini ruang perawatanx penuh kecoa, kamar mandi penuh jentik nyamuk, jauh dari standar pelayanan kesehatan, pantas saja menteri marah marah,” tulisan diakun Faceboknya.

Bahkan, dalam postingan yang disertakan foto ruang rawat inap tersebut, terlihat kecoa di lantai dan lemari perawatan, hingga toilet yang terkesan kumuh dan jorok.

Saat Dikonfirmasi terkait kondisi tersebut, Direktur RSUD Pangkep, dr Baharuddin, menuturkan jika pelayanan kesehatan dilingkup RSUD Pangkep sendiri, sudah sesuai SOP.

“dan terkait kebersihan dilingkup RSUD Pangkep, itu telah dipihak ketigakan dan saat ini masih proses di pihak Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang menjadi bidang pembangunan di Komisi III DPRD Pangkep, “katanya, Selasa (4/4/2017).

Sementara itu, Ketua Komisi II, H.Pattola Husain, akan menindak tegas pihak terkait jika masih lamban dalam menangani kebersihan di Rumah sakit tersebut.

“Jika dalam bulan ini masih banyak keluhan dari masyarakat terkait kebersihan RS. Maka akan kita panggil kembali bersama dengan manajemen RSUD.” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa ia telah memanggil manajemen RSUD membahas pelayanan dan kebersihan.

“Saat ini, terkait kebersihan di RSUD telah di tangani oleh Unit Layanan Pengadaan selaku penyelenggara lelang. Akan tetapi mungkin belum ada hasilnya. Ini juga akan kita evaluasi.” Katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Pangkep, Rizaldi Parumpa angkat bicara terkait banyaknya keluhaan masyarakat mengenai pelayanan dan kebersihan rumah sakit. Menurutnya, lelang pihak ketiga rumah sakit belum berjalan. Padahal Pansus Kesehatan telah dibentuk. Namun belum berjalan juga hingga saat ini.

“Pansus kesehatan itu, sudah dibentuk untuk menangani persoalan-persoalan Pelayanan dan kebersihan RSUD. Akan tetapi hingga saat ini, belum berjalan dan keluhan semakin hari-semakin banyak.” ujarnya.