Polda Sulsel Sita Ratusan Kosmetik Racikan di Hartaco Indah

27 Maret 2017 20:16
Ratusan kosmetik racikan yang dianggap berbahaya merek AS Magic berhasil disita tim Indag Dirkrimsus Polda Sulsel

MAKASSAR, INIKATA.com – Ratusan kosmetik racikan yang dianggap berbahaya merek AS Magic berhasil disita tim Indag Dirkrimsus Polda Sulsel

Kosmetik tersebut disita tepatnya di Jalan Daeng Tata Raya, Kompleks Pasar Hartaco Indah, Blok 2C, Nomor 11, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Kamis (23/3/2017) kemarin.

Sementara Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengataka, selain ratusan kosmetik, pihaknya juga mengejar satu orang pelaku merupakan seorang wanita berinisial AM.

Kata dia, kosmetik itu diracik dan tidak mengantongi izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI dengan jumlah 95 jenis.

Baca Juga: Polisi Gagalkan Peredaran Obat dan Kosmetik Ilegal

“Ada 95 jenis bahan kosmetik, dan itu tidak memiliki izin edar,” kata Dicky Sondani, Senin (27/3/2017).

Menurut Dicky, kosmetik tersebut dicampur dari berbagai bahan dan mempunyai takaran tertentu disesuaikan dengan jumlah produksi.

“Meracit bahan kosmetik itu ada alat yang digunakan yakni mixer dan air kaggen. Nah kalau semua bahan ini diracik tidak sesuai dengan porsinya, ini sangat berbahaya,” jelasnya.

Rencananya, alat kosmetik tersebut akan dijual didalam dan diluar wilayah Makassar. Bahkan sang pemilik telah melakukan produksi selama setahun dan dijualnya dengan cara online.

“AM sudah setahun memproduksi kosmetik racikan tersebut dan dijual secara online dan offline,” sambungnya.

Baca Juga: Badan POM Musnahkan Obat dan Kosmetik Ilegal Senilai Rp8 Miliar

Setelah berhasil mengamankan ratusan alat kosmetik berbahaya, pihak kepolisian kini memeriksa beberapa karyawan yang ikut memproduksi alat tersebut. “Pemilik belum kita amankan karena tidak ada lokasi waktu penangkapan, tapi ada beberapa karyawan yang sudah kita periksa. Ini masih kita proses,”katanya.(**)