Meniupkan Lagi Ruh Kota Parepare Ala Kota Santri di STQ Tingkat Provinsi

27 Maret 2017 13:12
Rapat persiapan STQ tingkat provinsi.

PAREPARE, INIKATA.com – Ditunjuk sebagai tuan rumah, Pemerintah Kota Parepare menggelar rapat persiapan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (27/3/2017) di ruang pola Kantor Wali Kota Parepare.

Hadir dalam rapat persiapan STQ tersebut, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, Sekretaris Daerah Parepare, Mustafa Mappangara, Kepala Kantor Wilayah Kemenag tingkat provinsi sulsel, Drs.H.Abdul Wahid, organisasi ulama, para pengusaha hotel, staf ahli, asisten, Para Pimpinan SKPD, Camat serta Lurah lingkup Parepare.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian agama provinsi Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenag Sulsel), Drs.H.Abdul Wahid Tahir menjelaskan, Kota Parepare ditunjuk selaku tuan rumah karena Parepare memiliki Ikon sebagai Kota Ulama dan Kota Santri

“Setelah melakukan kajian, dengan pertimbangan bahwa Parepare adalah Kota ulama, Kota santri dan kami tahu Pak Wali tidak pernah takut menolak, makanya kamj memilih Parepare sebagai tuan rumah pada seleksi STQ Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ke 30,”jelas Abdul wahid.

IMG-20170327-WA0012

Sebelum meminta Parepare sebagai tuan rumah pada kegiatan tersebut, pihaknya lebih awal mengkomunikasikan hal tersebut ke Ibu Hj. Erna Taufan.

“Yang saya hubungi pertama adalah Ibu Wali Kota, Hj. Erna Rasyid Taufan saat bertemu pada kegiatan zakat dan beliau langsung respon, Pak Wali sendiri juga siap, beliau betul-betul siap,”tambahnya.
Kalau Pak Wali Kota siap, kata Abdul Wahid, jangan sampai pihaknya ditingkat Provinsi tidak siap.

“Kita harus siap, pelaksanaan STQ ini harus punya prestasi, suksesnya pelaksaan sesuai dengan perencaan, dan sukses perencanaan nantinya akan dibawa ke tingkat nasional yang akan digelar 28 mei mendatang di Tarakan Kalimantan Utara,”tambahnya.

Sementara Wali Kota Parepare, HM. Taufan Pawe dalam membuka rapat persiapan STQ tersebut mengatakan, hakikatnya harus mampu tampil sebagai tuan rumah, tamu adalah kehormatan, tamu adalah rezeki.

“Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo bilang juga, kalau mau lihat saya senang, laksanakan seleksi STQ di Parepare,”jelas Taufan.

Taufan menambahkan, kegiatan ini juga merupakan persoalan penghayatan, ruh Kota Parepare harus dikembalikan.

“Melalui kegiatan ini, kita harus kembalikan ruh Parepare sebagai Kota santri, Kota ulama, Kota Parepare merupakan Kota BJ. Habibie, Beliau adalah cendekiawan muslim, Seleksi Tilawatil Qur’an yang ke 30 ini,”ujar Taufan menjadikan Presiden ke-3 RI, BJ Habibie sebagai inspirasinya. (**)