Imbas Peperangan, Jutaan Anak di Negara Ini Tak Bersekolah, Ini Keluhannya!

24 Maret 2017 8:00
Anak anak di Afghanistan.(Foto: AFP)

INIKATA.com– Hampir sepertiga dari semua anak di Afghanistan tidak bersekolah, hal itu dikarenakan Afghanistan dilanda peperangan.

Seperti dilansir PressTv, Jumat (24/3/2017), Sebagian anak-anak menjadi pekerja, atau direkrut oleh kelompok-kelompok bersenjata, ada juga yang mrlakukan pernikahan dini serta tak jarang menjadi korban eksploitasi.

Kelompok bantuan Save the Children mengatakan lebih dari 400.000 anak-anak Afghanistan diperkirakan putus sekolah tahun ini, hal itu dikarenakan ketidakstabilan negara serta kembalinya para pengungsi dari pakistan sekitat 3,7 juta anak.

Save the Children melanjutkan, bahwa lebih dari setengah dari semua anak yang kembali tidak bersekolah, bahkan terlihat bekerja di jalanan karena orang tua mereka tidak memiliki pekerjaan.

“Ayah saya menjual es krim dan saudara saya menjual kantong plastik, jadi kami hanya mendapatkan sedikit uang untuk makan,” Kata Jahangeer, bocah berusia 11 tahun yang kembali dengan keluarganya enam bulan yang lalu, seperti dikutip dari PressTv.

“Apa yang saya bisa lakukan? Aku tidak bisa pergi ke sekolah.” Kata seoranh Anak Afghanistan yang mendorong sebuah gerobak es krim bersama ayahnya di Kabul.(**)