Serangan AS di Suriah Tewaskan 33 Pengungsi Warga Sipil

23 Maret 2017 7:00
Ilustrasi. (Foto: Ist)

INIKATA.com– Serangan udara di Suriah utara Sedikitnya telah menewaskan 33 warga sipil yang tak memiliki tempat tinggal dan sementara mengungsi di sebuah sekolah.

Seperti dilansir AFP yang dikutip Kamis (23/3/2017), Menurut kelompok pemantau HAM Suriah, Syrian Observatory for Human Rights, serangan udara di sebelah selatan Al-Mansoura Provinsi Raqa.

Serangan udara itu dilakukan oleh koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat.”Kami bisa konfirmasi bahwa 33 orang tewas, dan mereka warga sipil yang telantar dari Raqa, Aleppo dan Homs,” jelas kepala Observatory, Rami Abdel Rahman.

Baca Juga:

“Mereka hingga sekarang masih menarik jasad-jasad dari bawah reruntuhan. Hanya dua orang yang ditemukan hidup,” imbuh Abdel Rahman kepada AFP.

Serangan udara itu juga dilaporkan kelompok aktivis yang yang melansir berita-berita dari wilayah yang dikuasai ISIS di Suriah. “Raqa sedang dibantai diam-diam,” kata kelompok tersebut.

“Sekolah yang ditargetkan tersebut menampung hampir 50 keluarga yang telantar,” lanjut kelompok tersebut.

Koalisi internasional yang dipimpin AS telah menggempur kota itu di Suriah sejak tahun 2014. Koalisi AS juga mendukung serangan untuk mengalahkan ISIS di kota Raqa, yang dijadikan sebagai ibukota kekhalifahan ISIS.

Koalisi AS sejak awal bulan ini mengatakan serangan udara di Suriah dan Irak secara tak sengaja telah menewaskan setidaknya 220 warga sipil, namun data itu berbanding terbalik dengan dengan data kelompok aktivis yang menyebut jumlahnya jauh lebih tinggi dari itu.(**)