Tutup Jalur Bantuan Senjata Hizbullah, Jet Tempur Israel Serang Suriah

19 Maret 2017 8:00
Perdana mentri Israel, Benyamin Netanyahu.(Foto: AFP)

INIKATA.com– Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan akan terus melakukan serangan militer terhadap Hizbullah di dalam wilayah Suriah.

Seperti dilansir PressTv, Sabtu (18/3/2017), Pesawat tempur Israel memasuki wilayah udara Suriah pada hari Jumat, (17/3/2017) waktu setempat, di dekat kota kuno Palmyra di bagian tengah negara Arab.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyinggung hal itu dalam pidato sambutannya, dia mengklaim bahwa serangan di Suriah ditargetkan di jalur pengiriman senjata untuk Hizbullah.

Baca Juga:

“Kami mengidentifikasi upaya-upaya untuk mentransfer senjata canggih kepada Hizbullah dan kami memiliki kecerdasan dan operasi pesawat militer itu layak, kita bertindak untuk mencegahnya dan kita akan terus bertindak.” ucapnya.

Pemerintah Suriah mengambil sikap menembakkan rudal anti-pesawat pada pesawat Israel yang masuk tanpa memiliki izin, alhasil  salah satu pesawat perang ditembak jatuh dan yang lainnya rusak.

Dan mengklaim Israel yang merupakan sekutu Amerika Serikat di Timur Tengah telah membantu Teroris untuk terus menumbangkan Rezim Bashar Al-Assad, selain itu Suriah juga mengklaim, Israel telah banyak membantu pemberontak selama perang saudara terjadi di Suriah.

Gerakan perlawanan Hizbullah merupakan gerakan yang membela Lebanon saat perang Israel di tahun 2000 dan 2006, Hizbullah juga telah membantu pemerintah Suriah dalam pertempuran terhadap gerilyawan garis keras di dalam wilayah Suriah, serta Konsisten membantu perlawanan rakyat Palestina.(**)