Bongkar Sindikat Bandar Narkoba, Delapan Pelaku Tertangkap, Dua Tertembak

19 Maret 2017 0:29
Pelaku saat dirawat di RS.

MAKASSAR, INIKATA.com – Tim Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar berhasil membongkar sindikat bandar narkoba jenis sabu-sabu asal Kabupaten Sidrap-Wajo. Sulawesi Selatan, Sabtu (18/3/2017).

Diketahui mereka adalah pemasok barang haram ke wilayah kota Makassar. Selain itu, mereka juga kerap memasok Narkoba lintas Kabupaten. Pelaku tersebut berjumalah delapan orang, dua diantaranya terpaksa tertembak lantaran tidak kooperatif saat akan diringkus.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Endi Sutendi mengatakan, terbongkarnya sindikat bandar Narkoba itu setelah tertangkapnya salah satu pelaku berinisial RA (33) di Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar.

“Dari tangan RA kita juga amankan barang bukti satu paket sabu-sabu kurang lebih 3 gram yang diakuinya diperolehnya dari WI asal Sidrap,” kata Kombes Pol Endi Sutendi di Bhayangkara Makassar.

852107748_162221

Kata Endi, setelah RA tertangkap dan mengakui barang itu diperoleh, pihaknya kemudian melakukan pengembangan ke Kab. Sidrap dan berhasil mengamankan WI dinihari tadi.

Setelah kedua pelaku WI dan RA diamankan, lanjut Endi, mereka mengakui jika barang trrsebut diperoleh dari lelaki berinisial DA. Anggota yang terus bekerja, langsung melakukan pengembangan terhadap DA dan sebelum DA tertangkap, Tim Res Narkoba meringkus SU, yang merupakan kaki tangan (Kurir) DA.

“Di Anabunuah Maniangpajo, Wajo, kedua bandar DA dan LU tertangkap saat pesta Narkoba, itu dilakukan sewaktu penggerebekan,” jelas Endi.

P_20170318_214611

Penggerebekan pun terjadi dikediaman DA, petugas melakukan penangkapan keduanya berusaha meloloskan diri dengan cara meloncat dari atas rumah, dan mengancam polisi menggunakan senjata tajam jenis badik.

“Saat digerebek pelaku berusaha melolosakan diri dengan cara meloncat dan akan mengancam anggota dengan badik. Makanya anggota bertindak tegas,” tegasnya.

Di lokasi yang sama, menurut mantan Kabid Humas Polda Sulsel tersebut, pihaknya juga mengamankan dua orang yakni, PD dan ON, namun pihaknya masih melakukan pendalaman terhadap kedua orang tersebut.

“Hanya LU dan DA yang tertembak lantaran melawan, sementara pelaku lainnya langsung kita amankan di Polrestabes Makassar dan tetap kami akan periksa terkait Narkoba itu,” tambahnya lagi.

Dari tangan para pelaku, pihak Sat Res Narkoba Polrestabes Makassar berhasil mengamankan barang bukti Narkoba jenis sabu-sabu seberat 115 gram. Satu timbangan elektrik, empat buah badik, satu layar monitor CCTV, dua alat isap bong, dan beberapa sachet kosong. (**)