Kapal Induk Bertenaga Nuklir Milik AS Tiba di Korsel, Ancaman Buat Korut?

16 Maret 2017 8:00
Kapal Induk Bertenaga Nuklir USS Carl Vinson Milik Amerika.(Foto: Wikipedia)

INIKATA.com– Kapal induk bertenaga nuklir milik Amerika Serikat (AS) telah tiba di Korea Selatan (Korsel), kedatangan Kapal USS Carl Vinson ini untuk melakukan latihan militer bersama Korsel.

Kedatangan kapal tersebut berselang beberapa minggu setelah rival Korsel, Korea Utara (Korut) menembak empat buah rudal ke perairan Jepang yang merupakan sekutu dekat AS.

Baca Juga: Korut Sebut AS Dalang Krisis Nuklir Asia Timur

Korut kerap menganggap latihan militer yang melibatkan AS sangat provokatif dan bertujuan untuk menginvasi suatu wilayah, penolakan Korut ini dijawab dengan tembakan rudal, dan kembali dibalas AS dengan mendatangkan kapal Induk bertenaga nuklir.

AS dan Korsel mengklaim bahwa latihan tersebut murni sebagai defensif bukan untuk melakukan invasi, apalagi latihan itu merupakan agenda tahunan kedia negara yang dikenal dengan Foal Eagle.

Memurut kantor berita berita Korsel, Yonhap, latihan itu akan dimulao pekan depan, dan masih memiliki porsi personil dan alat yang sama dengan tahun tahun sebelumnya.

Baca Juga: Laut China Selatan Memanas, Kapal Perang Terbesar Jepang Akan Dikerahkan

Laksamana Muda komandan USS Carl Vinson Carrier Strike Group 1, James Kilby kepada para wartawan. Arti penting latihan tersebut adalah untuk terus membangun hubungan kerja militer yang baik.”memperkuat interoperabilitas antara kapal-kapal kami,” ujarnya.

Kapal militer AS tersebut akan melakukan latihan kelautan dengan Korsel, yang mencakup manuver antikapal selam di perairan lepas semenanjung Korsel.(**)