Kadis LHK Jeneponto: Gammara Bersiap Menyongsong Piala Adipura 2017

14 Maret 2017 12:51
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Jeneponto, Muh Rusli Ramli.

JENAPONTO, INIKATA.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kabupaten Jeneponto, terus berbenah untuk mewujudkan raihan Piala Adipura 2017.

Kabupaten Jeneponto yang diketahui sudah sekian lama menyandang predikat sebagai daerah tertinggal, kini tidak lagi. Jeneponto telah bisa disejajarkan dengan kabupaten lain di Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Jeneponto Muh Rusli Ramli menyebutkan saat ini Jeneponto bersiap menyongsong Piala Adipura 2017 dengan program yang ia terapkan.

”Kini Jeneponto gammara bersiap menyongsong Piala Adipura. Penghargaan itu harus kita raih,” kata Muh Rusli Ramli.

Untuk mendapatkan penghargaan itu kata Rusli tentunya bukan hal yang mudah tanpa kerja keras.

Dengan berat hati pula, Rusli harus tega dengan mengambil langkah berani dengan menggusur rumah-rumah dan kantor. Seperti di taman PKK, taman Turatea dan tempat lainnya.

”Karena tujuannya baik, tidak ada komplain berarti dari warga. Mereka sadar untuk menciptakan keindahan Kota Bontosunggu sebagai ibu kota Kabupaten Jepenonto,” ujar mantan Kabag Humas Pemkab Jeneponto ini.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah menangani persoalan sampah yang ada di Kabupaten Jeneponto.

“Dimana Dinas LH dan Kebersihan sudah membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah tanpa bau di Kelurahan Bontoa. Akses jalan masuk ke lokasi dibuat beton sepanjang 5 km,” sebut Rusli.

TPA ini kata Rusli, dilengkapi dengan mesin daur ulang. Dari mesin pengolahan ini bisa dihasilkan plastik yang bernilai ekonomi. Ada pula pupuk kompos yang cocok digunakan oleh petani bawang dan sayuran.

Dengan begitu Rusli sangat optimis jika Adipura 2017 dapat diraih Jeneponto di tahun 2017 ini. (**)