Laut China Selatan Memanas, Kapal Perang Terbesar Jepang Akan Dikerahkan

14 Maret 2017 7:00
Kapal perang Jepang Izumo Bersandar di Pangkalan Yokosuka di Prefektur Kanagawa, Jepang, 6 Desember 2016. (Foto AFP)

INIKATA.com– Negri sakura Jepang akan mengirimkan kapal perang terbesarnya di Laut Cina Selatan sebelum menuju ke Samudera Hindia untuk latihan militer angkatan laut bersama dengan Amerika Serikat (AS) dan India, pada bulan Juli.

Kapal Perang Izumo yang berfungsi sebagai pembawa helikopter itu akan memulai perjalanan tiga bulan, diawali di bulan Mei, Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (14/3/2017) yang berasal dari sumber anonim yang mengetahui rencana tersebut.

Baca Juga: China Gelar Latihan Militer, AS Perketat Patroli Di Jalur Perdagangan International

Selama perjalanan, kapal akan berhenti di Singapura, Filipina, Indonesia, dan Sri Lanka, dan kembali ke Jepang pada Agustus mendatang”Tujuannya adalah untuk menguji kemampuan Izumo dan melakukan misi yang panjang,” kata sumber itu, “Jugs akan berlatih dengan Angkatan Laut AS di Laut Cina Selatan.”sambungnya.

Hal itu juga dilakukan untuk meningkatkan hubungan pertahanan dengan Filipina dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, terutama yang terlibat dalam sengketa wilayah dengan China di Laut China Selatan.

Apalagi Jepang menyatakan kekhawatiran tentang pengaruh Beijing di wilayah tersebut, bagaimana tidak keuntungan perdagangan China sebesar 5 triliun dollar melalui jalur tersebut, bahkan sebagian besar dari pelabuhan Jepang.

Baca Juga: Hubungan Diplomatik China-As Diprediksi Memanas Tahun Depan

Pada bulan September 2016 lalu, Orang kepercayaan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa Tokyo akan meningkatkan keterlibatannya di Laut Cina Selatan melalui kapal pesiar yang akan terliba latihan bersama dengan Angkatan Laut AS.

Apalagi sebelumnya, Jepang dan Amerika Serikat pernah melakukan latihan militer di Laut china selatan pada 2015 lalu, dan baru baru ini di Laut China timur, terakhir akan dilakukan di Samudera Hindia.(**)