Jaga Budaya Sulsel, Ajiep Padindang Lokakarya di Parepare

13 Maret 2017 23:23
Ajiep Padindang Lokakarya di Parepare.

PAREPARE, INIKATA.com – Yayasan Sulapa Eppa’ bekerjasama dengan ‘Tomacca’ merupakan Lembaga Kebudayaan Kota Parepare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare menggelar Lokakarya Pembelajaran Budaya Sulawesi Selatan, Senin (13/3/2017) malam di Aula Dinas Pendidikan Parepare.

Kegaiatan ini dihadiri Anggota DPD-RI, Ajiep Padanding sebagai pembicara, Anggota DPRD Parepare Minhajuddin memimpin lokakarya tersebut, Dinas Pariwisata, tokoh budayawan, serta guru-guru Bahasa Daerah se-Kota Parepare.

Anggota DPD-RI, Ajiep Padanding, mengatakan kegiatan ini merupakan gerakan budaya.

“Mengapa kami lakukan lokakarya seperti ini, karena kita sadar betul bahwa budaya Bugis, Makassar, Mandar dan Torja ini sudah tergerus oleh perkembangan zaman dengan adanya pengaruh tekhnologi,”jelasnya.

Ajiep mengungkapkan saat ini ada kegelisahan, keresahan, dan keprihatinan terhadap budaya Bugis.

“Untuk menghindari semua itu harus diterapkan kedalam pembelajaran bahasa daerah bugis, karena bahasa yang menandakan bahwa kita orang bugis,”tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, Ajiep mengatakan gerakan budaya ini dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini, yaitu melihat aksara, bahasa, tradisi, adat, dan pradaban bugis.

“Yang saya harapkan dan sarankan kepada guru-guru bahasa daerah yang ada di Parepare ini adalah mengajarkan sejarah Parepare itu sendiri karena di sekolah-sekolahlah gerakan budaya ini harus diterapkan,”harapnya. (**)