Pemkot Parepare Bakal Gelar Pentas Seni 2017

13 Maret 2017 14:43
Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata bakal menggelar beberapa event lokal di tahun 2017. (kalma/inikata)

PAREPARE,INIKATA.com – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata bakal menggelar beberapa event lokal di tahun 2017.

Sebut saja Festival Mallipa III, Festival Lovely Habibie-Ainun 9-12 Mei 2017, Pemilihan Duta Pariwisata di bulan April, festival Salo Karajae 27-29 September serta event setiap minggunya yang rencananya akan digelar setiap malam minggu di Alun-alun Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare.

Kepala Seksi Pembinaan Even Pariwisata, Ikbal mengatakan, semua event di tahun ini konsepnya telah disiapkan.

Diantaranya, festival salo karajae dan festival mallipa akan dihelat tanggal 27,28,29 September mendatang, konsep mallipa adalah kampung wisata budaya yang nantinya akan dipusatkan di Watang Bacukiki.

Sementara festival salo karajae sendiri nantinya akan ada kapal yang disiapkan oleh pemda dan akan mengantar warga dari Salo Karajae ke Watang Bacukiki untuk melihat pementasan budaya yang disiapkan di dalam Kampung Budaya Kelurahan Bacukiki.

Rencanya, kata Ikbal juga akan diundang beberapa komunitas musisi dari luar daerah.

” Kami akan mengundang beberapa komunitas musisi dari beberapa provinsi yaitu dari Jakarta, Bandung, Banten, Padang, NTT, Bali, Ambon, dan Palu, para musisi ini nantinya full stay di Watang Bacukiki dan setiap malamnya kami akan buat acara malam kesenian,”tambahnya.

Sedangkan untuk April mendatang akan dihelat kegiatan Pemilihan Duta Pariwisata,” Untuk April mendatang, kita ada seleksi jemput bola di sekolah-sekolah untuk seleksi Pemilihan Duta Pariwisata, selanjutnya grand final jadi acaranya bukan lagi di sumpang bergeser sedikit ke depan Tonrangeng River Side akan dilaksanakan sehari lebih cepat sebelum acara festival Habibie Ainun,”papar Ikbal.

Baca Juga: Parepare Menuju Mercusuar Pendidikan, IMM Gelar Seminar Nasional Pendidikan

Sementara, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdako Parepare Amarun Agung Hamka mengatakan, sejauh ini telah dilakukan berbagai persiapan terkait rencana pesta seni rakyat yang akan helat tahun ini.

“Kegiatan ini merupakan bukti jika selama ini pemerintah telah berupaya melakukan banyak hal dan maksimal tak hanya bertumpu pada pembangunan, tapi juga pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Parepare,”jelas Hamka, yang juga pernah menjabat Sekcam di Kecamatan Ujung Parepare.

Pemerintah juga tidak akan berhenti memikirkan kepentingan masyarakat, kata Hamka, Wali Kota pada setiap kesempatan selalu menekankan pada jajarannya, agar hak-hak masyarakat jangan diabaikan termasuk memberi hiburan yang manfaat untuk masyarakat.(**)

Baca Juga: Kapolres Parepare: Parepare Kota Maju, Aman dan Tentram