Air Terjun Bissappu Bantaeng Butuh Perhatian Serius Pemda

12 Maret 2017 19:42
Obyek wisata air terjun bissappu yang berada di Dusun Bissappu, Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) sangat butuh perhatian. (Afri/inikata)

MAKASSAR, INIKATA.com – Obyek wisata air terjun bissappu yang berada di Dusun Bissappu, Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) sangat butuh perhatian.

Air terjun sebelumnya itu menjadi obyek para wisatawan, kini nampak tak terurus lagi. Selain itu lokasi ini menjadi perhatian serius Organisasi Masyarakat (Ormas) Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) Sulsel.

Andi Nur Alim, Ketua LMPI Sulsel mengatakan, wisata air terjun Bisappu harus menjadi program prioritas dalam pengembangan di sektor pariwisata.

“Karena obyek wisata tersebut sudah dikenal di masyarakat baik di Sulsel maupun mancanegara, terbukti banyaknya wisatawan dari beberapa negara telah berkunjung menikmati indah dan sejuknya Bissappu,” katanya, Minggu (12/3/2017).

Menurut Nur Alim, obyek air terjun Bissappu kini mengalami kerusakan dan yang dilewati pengunjung terancam longsor dan sangat berbahaya di beberapa titik mengalami kerusakan.

Sementara, bangunan tersebut menurut Hammado pengelola air terjun Bissappu, sejak bangunan dikerjakan pada tahun 1983, hingga saat ini belum ada pengerjaan kecuali pintu gerbang yang telah dikerjakan pada oktober 2016 lalu.

Terabaikannya obyek wisata air terjun bissappu juga diakui oleh Dedi Jalarambang salah satu tokoh pemuda bantaeng yang juga sebagai Ketua Himpunan Aktifis Mahasiswa (HAM).

“Kami meminta Bupati Bantaeng untuk memperhatikan dan mengembangkan wisata. Air terjun Bissappu kembali menjadi destinasi wisata yang dapat meningkatkan sumber pendapatan asli daerah,” harapnya.(**)