Karyawan Bakal Mogok, Serikat Pekerja Sulsel Ajak PUK PT Vale Bertemu

12 Maret 2017 16:00
Ryan Latief, Ketua DPD FSP KEP KSPSI Sulsel bertemu pihak PUK dan FSP KEP KSPSI PT Vale di Hotel Swissbel Panakukang, Minggu 12 Maret 2017. (arif/inikata)

MAKASSAR,INIKATA.com – Sejumlah karyawan PT Vale bakal melakukan mogok kerja massal karena tidak adanya kesepakatan antara serikat pekerja dan pihak perusahaan PT Vale.

Hal itu terkait permintaan kenaikan upah yang disuarakan sejumlah karyawan yakni 3% kenaikan umum plus 3% kenaikan kinerja.

Pertemuan antara seluruh Pimpinan Unit Kerja (PUK) PT Vale itu pun tidak terjadi kesepakatan dengan Tim Negosisasi PT Vale Indonesia.

Dengan begitu PP dan DPD FSP KEP KSPSI mengundang pengurus PUK dari PT Vale Indonesia untuk Rapat Koordinasi di Makassar pada Minggu 12 Maret 2017.

“Kesepakatan antara PT Vale dan karyawan soal kenaikan upah yang realisitis tidak tercapai kesepahaman,” kata Ryan Latief, Ketua DPD FSP KEP KSPSI Sulsel, kepada Inikata.com.

Dengan begitu, sambung Ryan Latief, pihak PP dan pihaknya pun mengundang pihak PUK dan FSP KEP KSPSI PT Vale.

Baca Juga: Soal Belatung di Makanan Karyawan, PT Vale Dituding Abaikan Standar Kesehatan Karyawan

Pertemuan antara keduanya dan PT Vale pun berlangsung di Hotel Swissbel Panakukang, Minggu 12 Maret 2017.

“Karena mengalami deadlock antara tim negoisasi serikat buruh. Kami DPD dan Ketua PP mengundang pihak PUK PT Vale untuk kami berikan pandangan dan solusi jalan terbaik dari pihak Pekerja dan Pengusaha PT Vale Indonesia melihat kondisi perekonomian saat ini harus ada kenaikan dengan menyesuaikan pendapatan perusahaan,” tutup Ryan.

Sementara itu Ketua PP FSP KEP KSPSI PT Vale , Andasastra Winata berharap, ketidak kesepakatan perundingan bisa mendapat solusi untuk penyelesaian.

” Kalau memang buntu, sesuai undang-undang apabila deadlock pekerja punya hak melakukan mogok kerja sesuai Pasal 140 UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan apabila deadlock izin untuk melakukan mogok kerja,” kata Andasastra Winata. (**)

Baca juga: Parah, Ada Belatung di Makanan Karyawan PT Vale