Begini Cara Polisi Amankan Kotak Suara Pasca Pilgub Sulbar

27 Februari 2017 17:00
Polisi Amankan Kotak Suara Pasca Pilgub Sulbar

MATRA, INIKATA.com – Pengamanan Pilkada serentak terutama dalam rangka Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat 2017, adalah bagian dari pertaruhan tugas tanggungjawab bagi Polres Mamuju Utara.

Itu dalam menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Mamuju Utara. Hal itu guna mendukung pula situasi kondusif Kamtibmas pasca penyerahan kotak suara ke KPU Propinsi Sulbar serta mendukung pelaksanaan pengamanan jalannya rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan dan penghitungan suara di tingkat Provinsi Sulbar,

Polres Mamuju Utara pun melaksanakan giat cipta kondisi dan patroli dialogis yang gencar dilaksanakan Setiap harinya.

Status siaga satu yang dijalankan ini pun terlaksana dengan baik dan lancar serta didukung oleh back up personil Brimob Kompi Karossa sebanyak satu pleton.

Giat cipta kondisi statis dengan sasaran senjata tajam, narkoba, senjata api, bahan peledak, bahan berbahaya lainnya pun menjadi bagian penting dari operasional cipta kondisi.

Kegiatan ini pula saling mendukung secara teknis dan taktis dengan dilaksanakannya patroli dialogis, Senin (27/2/2017).

Himbauan Kamtibmas guna mendukung keamanan bersama Pilgub Sulbar pun disampaikan oleh gabungan personil cipta kondisi serta dilaksanakan pula pemeriksaan terhadap sasaran objek tertentu yang dicurigai atau dimungkinkan terkait tindak pidana.

Upaya persuasi sampai kepada represif pun dilaksanakan dalam mengamankan objek atau barang tertentu, termasuk pelanggaran berlalu-lintas.

Menurut Kapolres Mamuju Utara, AKBP Yanuar Widianto, mengatakan bahwa kegiatan ini sebenarnya telah dilaksanakan secara periodik sejak mulainya tahap penyerahan kotak dan surat suara dari KPU sampai kepada penyerahan kembali ke KPU Kabupaten Mamuju Utara.

Yanuar juga menjelaskan bahwa personil Polres Mamuju Utara dan beberapa personil Brimob pun masih berjaga di KPU Kabupaten, pasca pengawalan serta penyerahan kotak suara ke KPU Propinsi.

“Kita masih melaksanakan Siaga satu guna mendukung situasi Kamtibmas secara umum di Wilkum Polda Sulbar. Personel Bhabinkamtibmas pun dilibatkan dalam mendukung aksi perpolisian masyarakat bermisi keamanan Pilkada ini disamping dukungan penuh pelaksanaannya pula oleh Polsek jajaran Polres Mamuju Utara,” kata AKBP Yanuar Widiyanto kepada IniKata.com. (**)