306 Lods Pasar Nikel Ludes Terbakar

23 Februari 2017 23:06
Ilustrasi.

MAKASSAR, INIKATA.com – Pasar Nikel Soroako yang terletak dijalan Incoiro, desa Nikel, kecamatan Nuha, kabupaten Luwu Timur telah mengalami kebakaran, Kamis (23/2) kemarin sekitar pukul 02.45 Wita. Akibatnya, 306 Lods milik warga ludes terbakar.

Informasi yang dihimpun, pasar nikel Soroako tersebut sudah dua kali dilalap sijago merah pada tahun 2006 lalu. Hanya saja kebakaran tahun 2017 ini dinilai parah. Musibah terjadi diduga akibat arus pendek listrik dari salah satu Lods milik
pedagang ayam.

Salah seorang korban, H Sahabuddin yang ditemui awak media ditempat kebakaran tersebut mengaku hanya bisa pasrah dengan musibah kebakaran yang menimpanya itu. Akibat musibah ini, kata Saha, tidak ada satupun barang miliknya berhasil diselamatkan.

Dirinya pun berharap agar Pemerintah Daerah (Pemda) Luwu Timur memberikan bantuan kepada dirinya dan para pedagang lainnya yang mengalami musibah. “Tidak ada barang kami yang berhasil diselamatkan pak, kami hanya pasrah,” kata pedagang pakaian ini.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengatakan, jumlah Lods yang ada di pasar Nikel Soroako ini sebanyak 364 unit. Dari jumlah tersebut, 306 lods diantaranya telah hangus terbakar.

Ia menjelaskan, kebakaran ini terjadi sekitar pukul 02.45 wita dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 05.00 wita pagi kemarin dengan menurunkan lima unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Pemerintah dan perusahaan tambang milik PT Vale Indonesia.

“Kurang lebih tiga jam api baru bisa dikuasai karena kebanyakan Lods yang ada dipasar ini berbahan kayu. Sementara kerugian materil untuk sementara diperkirakan kurang lebih Rp5 Miliar,” ungkap Irwan dilokasi kebakaran.

Saat ini, kata Irwan, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa tengah melakukan identifikasi terhadap seluruh warga yang mengalami korban kebakaran pasar Soroako ini. “Korban sementara kita buatkan tenda darurat dan juga diarahkan ke pasar baru di Sumasang,” ungkapnya. (**)