Taufan Inginkan RKPD Fokus ke Sektor Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi Kerakyatan

23 Februari 2017 18:59
Walikota Parepare, HM Taufan Pawe saat menghadiri Musrembang ditingkat kecamatan dengan Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah, Kamis (23/2/2017) di Hotel Kenari Bukit Indah Parepare.

PAREPARE, INIKATA.com – Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Parepare, menggelar Forum Perangkat Daerah dalam rangka melakukan sinkronisasi antara usulan prioritas masyarakat yang dirumuskan pada Musrembang ditingkat kecamatan dengan Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah, Kamis (23/2/2017) di Hotel Kenari Bukit Indah Parepare.

Walikota Parepare, HM Taufan Pawe membuka acara tersebut yang dihadiri ratusan peserta. Kegiatan tersebut dihadiri pula, Ketua dan anggota DPRD Kota Parepare, Sekretaris Daerah, para asisten dan staf ahli, para kepala SKPD, para kepala bagian, camat, lurah, serta para delegasi dan fasilitator kelurahan se-Kota Parepare.

Taufan dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan forum perangkat daerah ini sebagai tahapan proses perencanaan setelah pelaksanaan Musrembang di tingkat Kecamatan Kota Parepare.

“Forum seperti ini memang harus untuk dilakukan sebagai pendekatan pembangunan yang partisipatif. Melalui kegiatan ini kita dapat melihat target dan capaian kerja apa dapat dirasakan oleh masyarakat secara nyata atau tidak,”ucapnya.

IMG-20170223-WA0021

Forum perangkat daerah yang dilaksanakan ini kata Taufan merupakan langkah terpadu yang dilakukan Pemerintah Kota guna memperkuat kapasitas perencanaan pembangunan, sehingga dapat terarah, terkendali dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Dari forum ini akan dihasilkan rumusan yang selanjutnya akan dibahas bersama dalam pelaksanaan Musrembang tingkat kota untuk menjadi bahan penyempurnaan rancangan akhir RKPD Tahun 2018, karena pada dasarnya usulan prioritas masyarakat pada musrembang harus diselaraskan dengan RKPD,”jelasnya.

Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Pemerintah Kota Parepare dikatakan Taufan saat ini memang difokuskan pada Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi Kerakyatan.

“Konsep pembangunan kita adalah untuk masyarakat dan kita telah menjalankan fungsi dan kinerja melebihi apa yang diharapkan. Pembangunan yang dilakukan pun tidak hanya infrastruktur tapi juga keummatan”, katanya.
Melalui kegiatan itu juga, Taufan mengajak agar forum tersebut dijadikan wadah untuk membahas masalah kemaslahatan khususnya di Kota Parepare. Dirinya menginginkan agar perencanaan yang dilakukan tetap memotret kearifan lokal.

“Kita adalah ujung tombak pemerintahan dan kedepan pemerintahan yang kita harapkan adalah transparan dan akuntabel. Kita punya mimpi-mimpi yang tidak sedikit agar kota ini mempunyai daya saing yang tinggi dan kita harus punya semangat untuk mengimplementasikannya,”tutup Taufan. (**)