Ini Penjelasan Kadis PUPR Parepare Terkait Keluhan Pembangunan Anjungan Cempae

20 Februari 2017 21:49
Belasan Warga Nelayan yang bermukim di Cempae, Kelurahan Wattang soreang Kota Parepare mendatangi ruang Komisi III DPRD Parepare, Senin (20/2/2017)

PAREPARE,INIKATA.com-Belasan warga nelayan Cempae, Kelurahan Watang Soreang, Kota Parepa, Senin (20/2/2017) mendatangi kantor DPRD Parepare. Kedatangan mereka untuk mempertanyakan dibangunnya Anjungan Cempae yang merupakan program pemerintah. Sementara mereka khawatirkan pembangunan  itu akan berdampak pada kelangsungan hidup para nelayan.

Komisi III DPRD Kota Parepare, Minhajuddin Ahmad akan meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Camat Soreang hingga Lurah Wattang Soreang agar intens melakukan sosialisasi terhadap rencana pembangunan proyek tersebut.

“ini hanya kurangnya sosialisasi kepada warga terutama pemerintah setempat sehingga menimbulkan kecemasan warga nelayan yang khawatir akan tergusurnya tempat landasan perahu mereka, jadi sebaiknya turun ke lapangan melakukan sosialisasi,”jelasnya

Ketua Fraksi Partai Golkar ini juga memaparkan setiap pembangunan yang ada di Kota Parepare sedapat mungkin bermanfaat bagi masyarakat.

“Pembangunan di Kota Parepare ini merupakan pembangunan Parepare secara keseluruhan, kita tidak ingin ada masyarakat yang dirugikan dengan adanya pembangunan,”tutur Minhajuddin.

Ia menambahkan, pihaknya sementara ini mencari solusi terbaik atas keluhan warga nelayan cempae tersebut.

“Yang mereka minta adalah jangan sampai tidak ada tempat perahu mereka, untuk hal ini kita akan cari dan tawarkan beberapa solusi secepatnya,”ucapnya.

Baca juga: Demo Mahasiswa Anarkis, Ruang Sidang DPRD Parepare Dirusak

Terpisah, Kadis PUPR Syamsuddin Taha yang dikonformasi  mengatakan, pihaknya menjamin tak ada pihak yang dirugikan atas pembangunan Anjungan Cempae. Justru pihaknya memikirkan bagaimana dapat meningkatkan penghasilan masyarakat disekitar pembangunan tersebut.

“Tidak ada pembangunan yang dibangun pemerintah Kota Parepare yang menyusahkan warganya, Pak Wali Kota sudah memikirkan itu semuanya dan pasti diperhatikan, desainnya sudah ada dan segera disosialisakian,”katanya.

Baca juga: Terkait Jalan Rusak, Kadis PUPR Parepare Akan Hadiri Panggilan Komisi III DPRD

Ia menjelaskan, untuk pembangunan tahap awal ditahun 201, anggarannya  Rp 500 juta, dan untuk anggaran keselurahannya hingga pembangunan Anjungan Cempae rampung sekitar Rp 5 miliar yang berasal dari anggaran APBD dan APBN. (**)