KPPU Bentuk Satgas Kemitraan Nasional

20 Februari 2017 12:57
Ketua KPPU RI, Syarkawi Rauf. (foto:ist)

MAKASSAR,INIKATA.com – Dalam menjalin kemitraan dengan Kementrian Koperasi dan UKM, KPPU tengah membentuk Satgas Kemitraan Nasional.

Satgas Kemitraan Nasional bertugas melakukan pengawasan dan memberikan perlindungan hukum kepada UMKM yang melakukan kemitraan kepada pengusaha menengah maupun pengusaha besar.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi perjanjian pengawasan pola kemitraan UMKM di Aula Gedung Keuangan Negara II lantai 6 Makassar, Senin (20/2/2017).

Ketua KPPU RI, Syarkawi Rauf dalam sambutannya mengatakan, KPPU bersama Kementrian Koperasi dan UKM, tengah membentuk satgas Kemitraan Nasional.

” Tugas Satgas Kemitraan ini bertugas melakukan sosialisasi dan advokasi, menghimpun data dan informasi serta melaporkan hasil pengawasan terhadap UMKM yang menjalin kemitraan kepada pengusaha menengah maupun pengusaha besar,” kata Syarkawi.

Baca Juga: KPPU Sosialisasi Perjanjian Pengawasan Pola UMKM

Menurutnya, salah satu alasan yang mendorong membentuk satgas kemitraan ini agar pola kemitraan UMKM yang terjadi dapat efektif. Sehingga dari waktu ke waktu ketimpangan kemitraan selama ini dapat dikoreksi,” Intinya agar terjalin persaingan usaha yang sehat. Karena selama ini yang terjadi pertumbuhan ekonomi pengusaha besar tidak secepat pertumbuhan ekonomi usaha kecil dan menengah sehingga muncul ketimpangan,” pungkasnya.

Satgas Kemitraan Nasional ini tersebar di tingkat provinsi dan kab/kota,” Masing-masing 10 anggota. Jadi 10 di provinsi dan 10 di kab/kota. Jadi total ada 5000-6000 orang yang terlibat dalam satgas kemitraan ini di seluruh Indonesia,” bebernya.

“Mudah-mudahan kedepannya dapat kita perkuat dengan melibatkan Kadin, Hipmi maupun pelaku-pelaku usaha untuk berpartisipasi dalam satgas pengawasan ini,” tutupnya.(**)

Baca Juga: KPPU RI Mendorong Peternak Kemitraan BUMN