Akbar Tanjung Motivasi Kader HMI di Masamba

30 Januari 2017 19:40
Akbar Tanjung

MASAMBA, INIKATA.com – Dewan Penasehat Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN-KAHMI) yang juga mantan Ketua DPR-RI Akbar Tanjung berkunjung ke Kabupaten Luwu Utara, Senin (30/1/2017).

Kunjungan Mantan menteri Perumahan Rakyat yang juga mantan ketum Penguru Besar HMI itu dalam rangka membawakan materi berjudul Oligarki; Fenomena Politik Transaksional Pasca Reformasi, pada Intermediate Training Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palopo yang dilaksanakan di Bukit Mely Luwu Utara.

Dalam pemaparan materinya, selain membahas kondisi oligarki politik yang banyak terjadi diberbagai daerah di Indonesia dan skala nasional, Akbar juga bercerita tentang sejarah berdirinya HMI hingga dirinya menjadi Ketum PB HMI serta kondisi HMI saat ini.
”HMI didirikan karena ada dua komitmen yang terus dijaga sampai saat ini. Yang pertama adalah menjaga keutuhan NKRI, dan mempertinggi derajat rakyat indonesia. Nah untuk komitmen ini, tentunya sejalan dengan tujuan NKRI,” tutur Akbar Tanjung.
Selain komitmen keindonesiaan dan kebangsaan itu, menurut mantan Ketum HMI Cabang Jakarta ini, HMI juga berkomitmen menegakkan dan mengembangkan ajaran islam di Indonesia. Olehnya itu setiap gerak perjuangan HMI harus sejaan dengan kedua komitmen tersebut, yang tentunya sejalan dengan komitmen dan tujuan NKRI.

”Olehnya itu, komitmen keindonesiaan dan keislaman harus senantiasa dijaga dan dijalankan oleh kita yang ada di Himpunan ini,” lanjut Akbar Tanjung.

Akbar Tanjung juga menyinggung sejumlah persoalan yang ada di bangsa ini. Salah satunya adalah mengenai oligarki politik politik yang cukup memberikan dampak negatif terhadap kondisi kebangsaan dan negara saat ini.

Sementara itu, ketua KAHMI Luwu Utara, Muh Fauzi pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Akbar Tanjung yang telah bersedia hadir di Luwu Utara. Selain itu keopada HMI Fauzi menyampaikan apresiasi karena telah berhasil menghadirkan Tokoh kebanggaan HMI dan Bangsa,yakni Akbar Tanjung di Luwu Utara.

Baca Juga: Bupati Lutim Kukuhkan Pengurus FKUB

”Satu kebanggaan bagi kami karena Bang Akbar bisa hadir ditengah-tengah kita,” tandasnya.
Usai menyamoaikan materi pada LK II HMI Cabang Palopo Puluhan Peserta LK II HMI Cabang Palopo langsung menyerbu Akbar Tanjung untuk berpose bersama.

Kabid PPD HMI Cabang Palopo, Wahyudi Yunus mengungkapkan, bahwa agenda Akbar Tanjung di Luwu Utara hanya dua hari satu malam.
”Kami mengundang beliau sebagai senior di HMI selain untuk membawakan materi juga sebagai motivasi kepada seluruh peserta LK II. Serta menjadi pembuktikan bahwa komitmen persaudaraan kami di HMI sangat erat sesama kader Hijau hitam,” katanya.

Selain menghadiri LK II HMI Cabang Palopo, Akbar Tanjung juga menyempatkan bersilaturahmi dengan pengurus KAHMI Luwu Utara dan sejumlah tokoh pemuda Luwu Raya, pada dialog kepemudaan yang berlangsung di Rujab Bupati Luwu Utara. (**)

Baca Juga: Thoriq Husler kembali Nakhodai PMI Luwu Timur