Sungai Pangkajene Meluap, Dua Kelurahan Terendam Banjir

27 Januari 2017 10:07
Sejumlah rumah warga terendam banjir akibat volume air sungai pangkajenne meluap. (Foto:ist)

PANGKEP,INIKATA.com – Beberapa hari ini terakhir Wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan diguyur hujan deras. Akibatnya, debit air di Sungai Pangkajenepun meluap.

Hal ini mengakibatkan, dua kelurahan yang berada di sekitar bantaran sungai terendam air setinggi lutut orang dewasa.

Dua kelurahan di Kecamatan Pangkajene itu yakni, Kelurahan Jagong dan Tekolabua.

Sesuai informasi yang dihimpun, hingga Kamis malam (26/1/17) pukul 23.00 Wita ketinggian air di Kelurahan Jagong mencapai 70 cm sedangkan di Kelurahan Tekolabbua sekitar 90 cm. Ketinggian tersebut masih dimungkinkan akan kembali naik, dengan meningkatnya debit air dari sungai.

Salah seorang warga, Tajuk rencana yang tinggal di sekitar bantaran sungai mengatakan, jika ketinggian air belum surut, walaupun hujan sudah reda.

” Air masih tinggi dan kemungkinan masih akan naik lagi, jadi kita yang bermukim di pinggiran sungai ini harus tetap waspada, ini saja ketinggiannya air sudah setinggi lutut orang dewasa bisa jadi kalau hujan deras turun kembali debit air sungai pasti akan naik lagi dan dampaknya meluap kekita yang tinggal di sekitaran sungai,”katanya.

Sementara itu pemerintah daerah melalui Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangkep, masih terus melakukan pendataan ke beberapa wilayah yang rawan jadi langganan banjir di tiap tahunnya, akibat dari dampak banjir tersebut. (**)