Kecewa, Warga Desa Barabatu Tanam Pohon Pisang di Jalan

18 Januari 2017 17:50
Warga dusun bulu sipong, desa barabatu, kecamatan labakkang, mengeluhkan jalan rusak hingga melakukan penutupan jalan.

PANGKEP, INIKATA.com- Warga Dusun Bulu Sipong, Desa Barabatu, Kecamatan Labakkang, mengeluhkan jalan rusak di desa mereka, rusaknya jalan tersebut ditengarai aktivitas truk tambang, yang hilir mudik setiap hari.

Salah seorang warga desa setempat Basri, mengaku rusaknya jalan sepanjang 300 meter tersebut, akibat truk 10 roda yang beraktifitas, sehingga menimbulkan jalan berlubang bahkan hingga kedalama 30 centimeter,

Warga pun menolak kehadiran truk yang melintas, dengan menanam pohon di tengah jalan, tepat di titik yang berlubang, “saya kesal pak sama itu mobil truk warna hijau paling sering, nakasi rusakji jalanan ta, baru tidak bertanggung jawab memperbaiki,”ujar Basri, Rabu (18/1/2017)

Tidak hanya di ruas jalan di desa bulu sipong, kecamatan Labakkang, kerusakan jalan terparah juga terjadi di desa tala tala, kecamatan minasa te’ne, menurut warga Zaenal, jalan rusak dan berlubanga sepanjang kurang lebih 100 meter tersebut sudah lama tidak diperbaiki, bahkan akibat jalan rusak, tidak sedikit pengendara motor yang terjatuh, bahkan mobil yang melintas kerapa alami kerusakan di bagian bawah mobilnya akibat kandas dijalan.

“Sudah lama tidak diperhatikan ini jalan, banyakmi juga yang jatuh dari motor, bahkan mobil yang lewat biasa tersangkut bumpernya karena tidak tahu kalo dalam lubangnya,”kata zaenal.

Terkait hal tersebut, Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjan Umum (PU)Kabupaten Pangkep, Andi Irwan yang dikonfirmasi, Rabu (18/01) mengaku akan segera melakukan pembenahan di ruas jalan yang dikeluhkan, bahkan tahun 2017, pemkab telah menganggarkan 8 miliar untuk proses betonisasi dan merampungkan ruas jalan sepanjang 28 kilometer di Ruas jalan matojeng – tondongkura, serta ruas jalan taraweang – padang lampe.

“Rencana tahun ini kita kerjakan, karena sudah dianggarkan di Dana Alokasi Khusu (DAK) 2017, kemungkinan bulan 2 akan dilelang pengerjaannya,”ucap Irwan.

Baca juga: Pencanangan Ayo Gowa Bersih Diwarnai Penanaman Pohon

Diakui irwan, untuk ruas jalan yang rusak saat ini, masuk dalam kategori ruas jalan strategis provinsi dimana penangananya ditangani pemkab Pangkep dan pemerintah Provinsi SulSel.

“Untuk sementara kita lakukan penimbunan jalan terlebih dahulu, untuk mengantisipasi kecelakaan, sambil menunggu pengerjaannya dimulai,”katanya.

Baca juga: JK Memulai Program Penanaman Pohon Bambu Nasional dari Gowa

Untuk ruas jalan yang rusak di desa tala tala, kecamatan Minasa Te’ne akan masuk dalam proyek betonisasi ruas jalan Matojeng – Tondong kura, sementara untuk di desa bulu sipong, masuk ke dalam.proyek ruas jalan Taraweang – Padang Lampe.