Diduga Lakukan Korupsi, Manajemen Keuangan RSUD Andi Makkasau Segera Diperiksa

16 Januari 2017 18:16
Dirut RSUD Andi Makkasau, Muh Yamin

PAREPARE, INIKATA.com – Dugaan kasus korupsi terkait manajemen keuangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, rencananya penyidik Polresta Parepare dalam waktu dekat ini akan melakukan pemeriksaan.

Hal tersebut dibenarkan Kasat Reskrim Polresta Parepare, AKP Herly Purnama, aduan yang telah diterima oleh laporan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) telah diterima pihaknya.
“Jadi dugaan kasus tersebut saat ini masih dalam tahap penyelidikan,”ujar Herly, Senin (16/1/2017)

Pemeriksaan kasus tersebut, menurut Herly pun baru akan dijadwalkan, dipastikan jadwal pemeriksaan akan dilakukan dalam waktu dekat ini. “Secepat mungkin kami laksanakan pemeriksaan,”tandasnya.

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Dirut RSUD andi Makkasau, Muh Yamin saat dikonfirmasi terkait hal tersebut belum mengetahui jika akan dilakukan pemeriksaan terhadap manajemen keuangan rumah sakit tersebut.”kami belum menerima informasi itu”katanya

Tambahnya, kata Yamin pihaknya akan siap menghadapi hukum dan akan memenuhi panggilan dari penyidik ketika diminta terkait laporan dugaan korupsi managemen keuangan pada rumah sakit yang dipimpinnya tersebut.
“Jika masalah ini sudah masuk ke ranah hukum, tentunya kami siap menghadapi ini,” Tegas Yamin yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare.

Ketua LSM, Mahatidana Rudi Najmuddin juga menjelaskan, adanya temuan kasus tersebut berdasarkan LHP-BPK tahun 2014 sebesar Rp16,2 miliar.
“Soal dana Silpa yang dipinjam itu, berdasarkan data yang dimiliki dewas, pinjaman dana Silpa itu pun dilakukan tanpa persetujuan pimpinan yang bersangkutan (Plt Dirut RSUD Andi Makkasau),” jelasnya.

Informasi, dugaan tindak korupsi RSUD Andi Makkasau Parepare oleh LSM Mahatidana. Dalam laporannya, Mahatidana mengungkapkan dugaan penyimpangan terjadi pada dana Silpa tahun 2015 lalu sebesar Rp13,1 miliar, yang diantaranya digunakan sebagai pinjaman oleh oknum Plt Direktur RSUD Andi Makkasau.(**)