Pelaku Pemalsuan Sertifikat Pelatihan Dibekuk di Wajo

13 Januari 2017 16:55
Pelaku Pemalsuan Sertifikat. (foto: ist)

MAKASSAR, INIKATA.com – Tiga orang pelaku pemalsuan Sertifikat Pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) yang juga selaku Daftar Pencarian Orang (DPO) akhirnya berhasil dibekuk Tim Khusus Satreskrim Polres Gowa.

Dia adalah Arman Saputra (28). Arman ditangkap di Jalan Jenderal Sudirman Sengkang, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (11/1/2017) lalu.

“Arman Saputra berperan sebagai pencetak sertifikat pelatihan APN palsu. Karena dia memiliki percetakan di Sengkang, Kabupaten Wajo,” kata Kasubag Humas Polres Gowa, AKP. M Tambunan, Jumat (14/1/2017).

Saat dilakukan penangkapan, anggota mengamankan barang bukti yang digunakan pelaku. Di antaranya perangkat komputer, 1 layar monitor, 1 unit CPU, printer dan 1 lembar sertifikat.

Polisi telah menangkap 2 pelaku lainnya dalam jaringan pemalsuan sertifikat pelatihan APN. Di antaranya Salmiah (25) yang berperan sebagai pengedar sertifikat kepada korbannya. Dia ditangkap pada 27 Desember 2016.

Pada tanggal 28 Desember 2016 lalu, rekan jaringan pemalsuan tersebut juga berhasil tertangkap yakni Kartini. Kartini berperan selaku otak pemalsuan sertifikat pelatihan APN.

Pembuat sertifikat pelatihan APN palsu ini mencatut klinik sekunder Sulsel sebagai penyelenggara. Tak hanya itu, pelaku juga mencatut nama dan tanda tangan dr Hj A Mardiah Ahir dalam sertifikat pelatihan APN tersebut.

“Kita sudah mengamankan 16 lembar sertifikat palatihan APN palsu, 16 buku acuan APN dan 16 rangkap foto copy sertifikat pelatihan APN yang sudah dilegalisir,” tutup Tambunan. (**)