Menuju Kotaku, Pemkot Parepare Akan Benahi Lima Titik Kumuh

12 Januari 2017 16:17
Kepala Bagian Humas Setdako Parepare Hamka.

PAREPARE, INIKATA.com – Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang merupakan program pemerintah Kota Parepare kini akan segera membenahi sejumlah titik kumuh yang berada di Kota Parepare.

Ada 5 Titik kumuh yang akan dibenahi yaitu, Kelurahan Kampung Pisang, Lakessi, Sumpang Minangae, Labukkang dan Ujung Sabbang. Kelima titik tersebut akan dibenahi karena masuk dalam kategori titik kumuh di Parepare.

Kabag Humas Setdako Parepare Hamka menjelaskan, penerapan program Kotaku yang membenahi sejumlah titik kumuh yang ada di Kota Parepare ini berada dibawa tanggungjawab dan naungan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) melalui Bidang Cipta Karya.

“Di Parepare sebenarnya tidak ada kawasan kumuh melainkan yang ada adalah titik kumuh yang tersebar disejumlah kelurahan dan ini yang masuk dalam program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku),”Jelasnya, Kamis (12/1/2017).

Sebelumnya Wali Kota Parepare, HM. Taufan Pawe menyampaikan bahwa untuk 2017, pemerintah kota akan membenahi titik kumuh yang luasnya mencapai 11,88 hektar yang tersebut. “Untuk 2017 ini sudah diprogramkan penanganan kumuh dengan luas 11,88 hektar,” katanya beberapa waktu lalu.

Menurut Taufan, Adapun penanganan lingkungan kumuh ditahun 2015 adalah seluas 2,7 hektar di Kelurahan Wattang Soreang, Kecamatan Bacukiki sementara tahun 2016, 3,7 hektar di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat.

Diketahui, tahun 2017 ini terdapat lima kelurahan yang masuk program penanganan kumuh yang tersebar ditiga kecamatan, masing-masing Soreang dua kelurahan (Kampung Pisang dan Lakessi), Ujung (Ujung Sabbang dan Labukkang), Bacukiki Barat (Sumpang Minangae). (**)