BPS: Sidrap Diprediksi Kuat Kembali Pertahankan Daerah Penduduk Miskin Terendah

12 Januari 2017 11:12
Bupati Sidrap H Rusdi Masse (RMS). (Foto/ist)

SIDRAP,INIKATA.com – Keberhasilan Kabupaten Sidrap menempati peringkat pertama sebagai kabupaten dengan angka kemiskinan paling rendah sejak 2014 dan 2015 tampaknya sulit dikalahkan oleh bupati lain di Sulsel.

Betapa tidak, angka kemiskinan di Sidrap untuk 2015 lalu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) hanya 5,5 persen. Sedangkan kabupaten di Sulsel yang mendekati angka tersebut hanya Luwu Timur yang mencatatkan angka 7,18 persen dan Wajo 7,66 persen.

“Sulit dikalahkan Pak Bupati Sidrap H Rusdi Masse (RMS) untuk angka kemiskinan di Sulsel. Data 2016 dari BPS memang belum keluar namun analisis kami, Sidrap masih bertengger peringkat pertama angka kemiskinan di seluruh kabupaten se Sulsel,” ungkap Kepala BPS Sidrap Misbahuddin, Kamis (12/1/2017).

Dia mengatakan, kemiskinan di Sidrap yang terus mengalami penurunan tak lepas dari intervensi pemerintah kabupaten Sidrap yang mampu memberikan stimulasi dan pendampingan usaha kecil bagi masyarakat miskin di Sidrap.

Bukan hanya angka kemiskinan yang menurun, variabel lainnya yang mengalami peningkatan adalah pertumbuhan ekonomi Sidrap pada 2016 naik terus hingga mencapai angka di atas provinsi dan nasional yakni 8,1 persen.

“Pendapatan per kapita masyarakat Sidrap terus mengalami kenaikan hingga di atas Rp32 juta per tahun,” beber Misbahuddin.