Ekspose Rasionalisasi Melalui Argumentasi Akreditasi RS Dibutuhkan

6 Januari 2017 18:19
Aktivis KNPI Sulsel Syamsul Bahri Majjaga

MAKASSAR, INIKATA.com – Akreditasi bagi rumah sakit sangat penting karena merupakan suatu pengakuan yang diberikan oleh Pemerintah. Sebab telah memenuhi standar yang telah dilakukan itu benar adanya.

Hal tersebut dikatakan Aktivis KNPI Sulsel Syamsul Bahri Majjaga. Ia mengatakan, rencana Tim Akreditasi Rumah Sakit Sultan Daeng Radja dalam melakukan kunjungan Banchmarking (Study Banding) ke Bali.

Menurut Zul Majjaga, tujuan dari akreditasi rumah sakit adalah agar kualitas dapat diintegrasikan dan dibudayakan ke dalam sistem pelayanan rumah sakit. Dalam hal ini kata Zul maka gaya kepemimpinan leadership style dari pemegang otoritas tertinggi dirumah sakit menjadi penting.

Baca juga: Ketua Umum PPP dan KNPI Sulsel Dialog Penangkal Paham Radikalisme

“Upaya untuk meingkatkan pelayanan kesehatan sangat bergantung pada perubahan sistem. Bukan hanya perubahan di dalam tim, dalam hal ini fungsi managerial pimpinan sangat menentukan,” kata Zul Majjaga. Jumat (6/1/2017).

Sebelumnya diberitakan, terkait dengan banchmarking yang melibatkan 60 orang diakui aktivis pemuda ini adalah sebuah persoalan. Menurut dia, masih banyak permasalahan yang seharusnya menjadi perhatian tim akreditasi yang perlu di pikirkan bersama.

Seperti misalnya meningkatnya kesadaran staf akan tanggung jawabnya, Penggunaan sumber daya yang lebih efisien serta Peningkatan moril dan motivasi. Sebab Beberapa hal Ini juga menjadi standar penting dalam mendapatkan akreditasi.

“Untuk hal itu saya kira tidak mesti ke Bali,” ucapnya lagi.

Hasil investigasi yang dilakukan Aktivis KNPI Sulsel ini. Jika beberapa rasionalisasi diatas kemudian pihak rumah sakit tetap akan melakukan rencana kunjungan yang masing masing persentase peserta dari setiap pokja mewakili 3 orang ketua dan semua anggota yang aktif, maka perlu ada upaya rasionalisasi yang dilakukan pihak tim akreditasi yang melibatkan publik.

Baca juga: Ketua Badko HMI: Kami Support Imran Eka Pimpin KNPI Sulsel

“Ini penting sebab Postur anggaran yang dibutuhkan untuk kunjungan kosnya sangat besar, Apalagi kan Rumah Sakit Pelamonia Makasar akreditasinya itu dapat paripurna, Saya fikir Pihak Rumah sakit Bisa Kunjungan Belajar atau Study Banding Kesana, tidak usalah kebali,” harapnya.(**)