Pasca Natal dan Tahun Baru, KSOP Perketat Penumpang dan Barang

4 Januari 2017 17:27
Suasana di Pelabuhan Kota Parepare

PAREPARE, INIKATA.com– Pasca Perayaan Natal dan Tahun Baru, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Parepare semakin memperketat pengawasan penumpang dan arus barang yang masuk di Pelabuhan Nusantara Parepare.

Kepala KSOP Parepare, Stanislaus Wembly Wetik mengatakan, penumpang yang naik mencapai hingga 2,97 persen dan untuk penumpang turun, sebelumnya diprediksi 1,3 persen, ternyata mencapai hingga 2 persen.

Baca Juga: Pembangunan Institut Teknologi Habibie (ITH) di Parepare Segera Terwujud

“Jadi selain memperketat pengawan penumpang dan barang yang masuk dikawasan pelabuhan ini, kami juga fokus untuk memberikan petunjuk secara manual tentang pedoman keselamatan penumpang, termasuk mengingatkan kepada penumpang agar berkumpul di tempat yang telah disediakan,”ujar Wetik, Kamis (4/1/2017).

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa, aktivitas pelabuhan pasca natal dan tahun baru aman dan lancar, kesadaran penumpang pun terkait ketertiban meningkat atas petunjuk yang diberikan oleh petugas KSOP, begitupun dengan menjaga barang-barang bawaannya,” jelas Stanislaus Wembly Wetik

Pihaknya telah menurunkan personil dua kali lipat dari hari biasanya. “Kami telah turunkan personil sekitar 15 orang. Sementara, pada arus mudik natal dan tahun baru sebanyak 20 hingga 30 personil yang diturunkan,” tambahnya

Baca Juga: Sandra Asal Parepare Akhirnya Dibebaskan Abu Sayyaf

Untuk diketahui, alur masuk penumpang di Pelabuhan Nusantara Parepare juga telah ditertibkan, setiap penumpang wajib melalui jalur yang telah disediakan sebab aturan ini berdampak pada peningkatan pendapatan yang akan dikembalikan pada peningkatan fasilitas di pelabuhan tersebut.(**)