Penanganan Kasus Narkoba Jangan Hanya Sebatas Slogan

3 Januari 2017 14:08
ilustrasi narkoba (foto:int)

SIDRAP, INIKATA.com – Peredaran narkoba saat ini, hampir merata di seluruh daerah di Indonesia, khususnya di Sulsel, sehingga penanganan kasus ini harus nyata dan bukan hanya selogan belaka.

Seminar dan sosialisasi yang dilakukan institusi yang menangani narkoba di daerah ini, terkesan tidak mampu menyelesaikan masalah yang terbukti tingkat penggunaan barang haram yang mematikan itu sudah sampai ke pelosok.

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2016, Kasus Narkoba Paling Menonjol di Bulukumba

Ketua Gerakan Anti Madat (Geram), Marlina Fimah, yang dihubungi melalui ponselnya, Selasa (3/1/2017), mengatakan, penanganan kasus narkoba saat ini, harus dilakukan dalam bentuk penindakan, bukan dalam bentuk sosialisasi atau semacamnya.

Menurutnya, penanganan narkoba harus dimulai dari lingkup rumah tangga sendiri yang harus melibatkan peran serta orangtua dengan membuka mata dan pikiran untuk melihat dampak negatif yang dihasilkan terhadap pelaku narkoba.

Selanjutnya, kata Marlina, masyarakat juga harus lebih proaktif melaporkan dugaan penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing-masing kepada aparat yang bertanggungjawab terhadap masalah itu yang saat ini menjadi harus menjadi musuh bersama.

Baca Juga: Kasus Narkoba Dominasi Pidana Umum

“Anggaran yang disiapkan pemerintah kabupaten untuk masalah ini, sebaiknya diarahkan untuk kebutuhan masyarakat yang lain, karena sosialisasi yang sering dilakukan itu, tidak membuahkan hasil dan aktivitas penyalahgunaan narkoba masih terus berlangsung yang dapat dibuktikan dengan jumlah penghuni Rutan Sidrap didominasi pelaku narkoba,”kata Marlina.

Baca Juga: Januari Hingga November 2016, Polres Parepare Ungkap 63 Kasus Narkoba