Seorang Satpam Tewas dalam Kebakaran Tempat Karaoke Hotel Grand Paragon

2 Januari 2017 20:22
Kebakaran Tempat Karaoke Hotel Grand Paragon. (foto: ist)

JAKARTA, INIKATA.com – Isaka (66) seorang Satpam tewas saat kebakaran melanda Room VIP di Karaoke Hotel Paragon di Jalan Gajah Mada Taman Sari Jakarta Barat, Senin (01-01-2017).

Kapolsek Metro Taman Sari Polres Metro Jakarta Barat AKBP Nasriadi SIK mengatakan, korban tewas akibat terjebak di lantai 6 saat api membesar di hotel tersebut.

Isaka terjebak saat melakukan pengecekan di seluruh gedung hingga akhirnya tak bisa keluar dan kehabisan oksigen.

“Kejebak di dalam lantai 6. Dia tewas kehabisan oksigen,” kata AKBP Nasriadi SIK.

Sementara itu, Kepala Polres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Roycke Harry Lanie mengatakan, korban diidentifikasi bernama Ishaka (43), salah satu petugas sekuriti di tempat karaoke tersebut.

Ishaka saat kejadian sedang berupaya melakukan evakuasi bersama tiga orang sekuriti lainnya. Namun, saat ketiga teman korban turun, korban tidak terlihat lagi.

“Saat kembali, tiga rekan korban beranggapan yang bersangkutan sudah di bawah. Setelah di bawah enggak ada, mereka cek kembali dan ditemukan meninggal,” kata Kombes Roycke.

Menurut Kapolres, Ishaka diduga tewas akibat kehabisan oksigen karena asap. Ruangan tempat kebakaran itu, kata Roycke, juga kurang ventilasi.

“Bisa saja karena kepulan asap tadi tebal. Diduga kehabisan oksigen,” ujar Kombes Roycke.

Saat ini jenazah korban dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, untuk diautopsi.

Diketahui, sebuah karaoke VIP di Hotel Paragon Jalan Gajah Mada Taman Sari Jakarta Barat yang berada di lantai enam terbakar. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa itu.

Peristiwa kebakaran tersebut berasal dari Room VIP 02 Karaoke di Hotel Grand Paragon lantai 06. Api diduga pertama kali muncul sekitar pukul 09.30 WIB, api diduga disebabkan oleh Konseleting Listrik dari Sound sistem Ruang karoeke.

Peristiwa itu bermula saat saksi Jahir
setelah melaksanakan serah terima tugas jaga langsung mengecek Lantai perlantai. Tapi setelah sampai di lantai 06 mendapat laporan House keeping bahwa di lantai 6 Room VIP 02 ada kebakaran, kemudian dicek dan benar diduga asal api dari Sound sistem ruang karoke tersebut.

Kemudian Jahir menghubungi CHIF security, Pemadam kebakaran dan Kepolisian, kemudian Jahir berupaya memadamkan api dan mengevakuasi para tamu dan pegawai.

Api sendiri akhirnya berhasil dipadankan oleh sekitar 30 Petugas Dinas Kebakaran DKI Jakarta. Kapolsek Metro Taman Sari Polres Metro Jakarta Barat AKBP Nasriadi SIK yang mendapati laporan kebakaran langsung menuju lokasi kejadian.

AKBP Nasriadi SIK Kapolsek Metro Taman Sari langsung melakukan koordinasi dengan pihak pengelola gedung dan langsung memimpin olah tempat kejadian perkara.

AKBP Nasriadi SIK juga langsung memerintahkan anggota Polsek Metro Taman Sari untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas di Jalan Gajah Mada Jakarta Barat. (**)