Kurir Narkoba 10 Kilogram Terancam Hukuman Mati

31 Desember 2016 18:08
Ardi salah seorang kuriri narkoba 10 kilogram dari Malaysia saat dimintai keterangan oleh polisi

MAKASSAR, INIKATA.com -Ditangkapnya Ardi (32) warga Jalan Lure, sebagai kurir Narkoba jenis sabu-sabu seberat 10 kilogram di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Sabtu (31/12/2016) terancam hukuman mati.

Penangkapan terhadapnya dilakukan langsung Tim Satgas Interdiksi Terpadu diantaranya BNNP Sulsel, Syahbandar, Pelindo IV, K9, BIN, POMAL, Denintel IV Wirabuana, Karantina Pertanian, Pol Airud, Bea Cukai, serta Otoritas Pelabuhan Soekarno-Hatta.

Sebelumnya, Narkoba tersebut sebanyak 3 ball dengan cara dikemas dalam bungkusan permen maupun kopi bertuliskan huruf China. Pelaku Ardi tertangkap karena memperlihatkan gerak gerik aneh saat turun dari atas kapal. Saat didekati anjing pelacak K9, Ardi malah melarikan diri.

Baca juga: Kurir Narkoba 10 Kilogram Diupah Rp 80 Juta

Diketahui Ardi merupakan penumpang Kapal Motor (KM) Bukit Siguntang bertolak dari Nunukan, Kalimantan Timur dengan tujuan Makassar. Namun KM Bukit Siguntang sebelumnya bersandar di Pelabuhan kota Pare-Pare.

Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Sulsel, Rosnah Tombo menjelaskan, saat tim melakukan pengecekan, Ardi menunjukkan gelagat mencurigakan. Bahkan langsung mencoba melarikan diri membawa barang bawaannya.

Setelah menangkap Ardi, petugas langsung menyita dan memeriksa isi tas ransel berwarna hitam yang dibawanya dari Kalimantan.

“Sejak beberapa hari Tim Interdiksi Terpadu sudah melakukan pemeriksaan rutin terutama kapal-kapal asal Kalimantan dan Surabaya yang biasa menjadi asal narkotika. Hari ini kita berhasil menggagalkan penyelundupan masuk di Makassar,” tutur Rosnah.

Sementara itu, Direktur Satuan Narkoba Polda Sulsel Kombes Pol Eka Yuda mengatakan, pelaku pertama kali berangkat dari Makassar Minggu 25 Desember 2016 naik pesawat ke Tarakan untuk mengambil sabu-sabu.

“Selanjutnya naik speed boat ke Nunukan. Sesampainya ia menunggu seseorang yang akan membawa barang itu selama lima hari di sana,” jelas dia

Baca juga: Begini Kronologi Tertangkapnya Kurir Narkoba 2,75 Kilogram di Bandara Hasanuddin

‎Setelah mendapat barangnya, pelaku kembali ke Makassar naik KM Bukit Siguntang dari Nunukan tujuan Parepare terus lanjut ke Makassar.

Akibat perbuatannya, Ardi terancam hukum seumur hidup dan hukuman mati.(**)