Tercatat, Ratusan Anggota Polisi Kena Sanksi Disiplin dan Pelanggaran Kode Etik

30 Desember 2016 17:18
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono menggelar Press Release akhir tahun 2016 di Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 16 Kota Makassar. (foto:inikata.com)

MAKASSAR,INIKATA.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan, Irjen Pol Muktiono mengungkapkan setidaknya ratusan anggota jajaran Polda Sulsel terkena sanksi disiplin dan pelanggaran kode etik.

Dalam Press Release Polda Sulsel, tercatat ratusan anggota Polri yang berada di Polda Sulsel dikenakan saksi disiplin pada tahun 2016.

Sementara untuk sanksi kode etik sedikitnya ada 25 anggota Polri yang dikenakan sanksi. Hal ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2015. Pada tahun 2015 lalu ada 31 kasus yang melibatkan oknum polisi dan dikenakan sanksi kode etik.

“Untuk pelanggaran disiplin, selama 2016 ada 611 kasus ini menurun karena pada tahun 2015 terjadi 690 kasus,” kata Irjen Pol Muktiono. Jumat (30/12/2016).

Muktiono menjelaskan, penindakan terhadap anggota Polri yang melakukan pelanggaran disiplin maupun hukum merupakan komitmen Polda Sulsel dan jajarannya.

Dalam Penindakannya, anggota yang melakukan pelanggaran akan mendapat teguran, sanksi mutasi hingga kurungan.

“Dalam penanganannya, membutuhkan proses yang lama termasuk sidang etik. Kita harus lihat kriterianya apakah dipecat atau hanya dikenakan sanksi semata,” tutupnya.