Bentuk Satgas Pungli, Pemkab Bulukumba Banjir Apresiasi

29 Desember 2016 18:58
Ketua SCW Bulukumba, Laode Hardiman

MAKASSAR, INIKATA.com – Nampaknya komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba di bawah nahkoda AM. Sukri Sappewali – Tomy Satria Yulianto dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efesien memang tidak main-main. Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria pada Selasa, 27 Desember 2016 lalu telah melantik sekaligus mengukuhkan Satgas Pungutan Liar.

Personil satgas yang dipimpin oleh Wakapolres Bulukumba, Kompol Agus Kerul berasal dari kalangan TNI, Kepolisian, Kejaksaan, dan Inspektorat Bulukumba. Hal mendasar yang sebenarnya menjadi tujuan utama satgas ini adalah meminimalkan pungutan liar yang kerap terjadi di sentra pelayanan pemerintahan.

Keseriusan Pemkab Bulukumba memberantas praktek pungli ini menuai banyak apresiasi. Salah satu apresiasi itu datang dari lembaga yang selama ini getol menyuarakan ajakan memerangi korupsi, Sulawesi Corruption Watch (SCW) Bulukumba.

Baca juga: RMS: Tindak ASN Pungli

Ketua SCW Bulukumba, Laode Hardiman menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada upaya Pemkab Bulukumba dalam memberantas penyakit birokrasi. Laode menilai pembentukan Satgas Pungli adalah bentuk keseriusan Pemkab Bulukumba dalam memperbaiki kinerja pemerintahan.

“Saya kira ini adalah wujud keseriusan pemerintah daerah dalam menyajikan layanan prima kepada masyarakatnya, ini adalah niat baik dan patut diapresiasi,” ujar Laode, Kamis (29/12/2016).

Laode juga menyatakan kesiapan lembaga yang dipimpinnya untuk berkerjasama dengan Satgas Pungli. Hanya saja, ia sedikit memberi catatan agar satgas benar-benar bekerja tanpa pandang bulu.

“Jangan sampai satgas hanya menjadi alat kepentingan bagi kelompok tertentu dan menjadi penindas bagi kelompok lainnya. Semoga saja itu tidak terjadi,” sambung Laode.

Dukungan dan apresiasi juga datang dari masyarakat. Abdul Muis, warga Bontotiro mengaku terhenyak dengan ide program Pemkab Bulukumba terkait pemberantasan pungli. Menurut Muis, masyarakat Bulukumba telah sekian lama terpasung dengan praktek-praktek pungli, tetapi baru kali ini ada terobosan program yang selaras dengan jantung persoalan.

Baca juga: Samsat Sidrap Layak Jadi Percontohan Gerakan Anti Pungli

“Ini keren, sebagai masyarakat Bulukumba saya merasa bangga melihat keseriusan pemerintah,” kata Muis via telepon, Kamis (29/12/2016).

Senada dengan Laode, Muis juga berharap agar satgas ini benar-benar menjadi jawaban atas keresahan yang dialami masyarakat Bulukumba selama ini.(**)