Ini Dia Hakim yang Kerap Memvonis Bebas Terdakwa Koruptor

29 Desember 2016 16:35
Anti Corruption Commite (ACC) Sulsel saat merilis sejumlah kasus korupsi mandek di institusi hukum. (Foto:ist)

MAKASSAR,INIKATA.com – Anti Corruption Commite (ACC) Sulsel selain merilisi kasus korupsi mandek dan terhenti di tahap penyelidikan maupun penyidikan, ACC juga merilis hakim yang memiliki catatan buruk dalam melakukan vonis bebas terhadap terdakwa korupsi, Kamis (29/12/2016).

Wakil Direktur ACC Sulsel, Abdul Kadir Wokanubun mengatakan, hakim dengan predikit paling banyak melepaskan terdakwa kasus korupsi, ialah berinisial SN, hakim ini memiliki track record dalam menjatuhkan vonis bagi koruptor maksimal 4 tahun 6 bulan, denda Rp 50 juta, subsider 6 bulan.

Baca juga: Pemperov Sulsel Dituding Melindungi Kasus Korupsi

Sedangkan vonis teringan yang pernah dijatuhkan SN, ialah 1 tahun denda Rp 50 Juta, sementara SN diketahui memvonis bebas 5 terdakwa koruptor, di posisi kedua lanjut Kadir, ada hakim berinisial BH yang telah menvonis bebas 4 terdakwa koruptor.

Diposis ketiga Hakim dengan Inisial ACA, ASS dan IP, masing- masing melakukan 3 kali vonis bebas kepada para terdakwa koruptor, di posisi keempat ada Hakim berinsial ARS, PM dan R yang 2 kali memvonis bebas terdakwa koruptor.

Baca juga: Aktivis Sinjai Tuntut Kejari Sinjai Dicopot

“Selebihnya, itu terhitung 1 kali dan ada juga hakim yang tak pernah memvonis bebas tersangka koruptor,”kata Kadir, kemarin dalam Press Confrence catatan akhir tahun ACC.