KM Sabuk Nusantara Kandas di Perairan Pulau Jampea

28 Desember 2016 16:54
Evakuasi penumpang KM Sabuk Nusantara yang kandas di perairan Pulau Jampea (foto:Bun)

SELAYAR,INIKATA.com – KM. Sabuk Nusantara dikabarkan kandas di perairan Benteng Jampea atau di sebelah timur Pulau Katela Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kejadiannya terjadi pada malam tadi Selasa (27/12) sekitar pukul 00.00 Wita, saat kapal rencananya akan bertolak meninggalkan pelabuhan Benteng Jampea menuju Pelabuhan Bonerate Pasimarannu. Hingga pagi ini Rabu (28/12) evakuasi penumpang masih terus berjalan.

Sumber di Kantor Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Selayar saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut dan menjelaskan bahwa KM. Sabuk Nusantara saat ini duduk manis dan kandas di atas karang tepat di sekitar lampu suar warna hijau di teluk Benteng Jampea. Sementara petugas dan warga melakukan evakuasi terhadap penumpang kapal.

Baca juga: Dinas Perhubungan Selayar Lakukan Survei Penyerangan Laut

Akibat peristiwa tersebut, KM. Sabuk Nusantara belum bisa dipastikan akan bisa melanjutkan pelayarannya. Kabarnya Nakoda Kapal telah meminta bantuan kepada pihak pelabuhan untuk dicarikan kapal tunda untuk menarik kapal dari atas karang yang dilaluinya.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada konfirmasi yang bisa menjelaskan penyebab kandasnya kapal KM. Sabuk Nusantara di perairan Pulau Jampea.

Sementara itu, Muhsar, warga Pulau Jampea, Desa Kembangragi Kecamatan Pasimasunggu yang dihubungi melalui ponselnya, Rabu (28/12), mengatakan bahwa, saat ini sekitar 800 warga Pulau Bonerate, Kecamatan Pasimarannu, termasuk Camat Pasimarannu, Makkasau bersama Ketua TP PKK Kecamatan Pasimarannu, akan dievakuasi dan dicarikan angkutan alternatif sampai ke Pulau Bonerate