Dekan Fisip Unhas Berharap Seleksi Calon Anggota Komnas HAM Dilanjutkan

24 Desember 2016 15:26
Dr Gustiana Kambo

MAKASSAR, INIKATA.com – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Sospol) Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, yang mewakili Wakil Dekan 1, Dr Gustiana Kambo berharap dalam seleksi calon anggota Komnas HAM dilanjutkan.

Hal ini dikemukakan pada saat Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Republik Indonesia melakukan sosialisasi seleksi calon anggota Priode 2017-2016 di lantai 3 ruang senat Fakultas Sospol, Unhas. Makassar, Sulsel, Sabtu (24/12/2016).

Dr Gustiana Kambo mengatakan, calon anggota Komnas HAM harus memiliki integritas yang tinggi dan komitmen yang tinggi.

Baca juga  :  Kasus Percaloan Kedokteran Unhas Menjadi Proritas Utama Endi Sutendi

Menurutnya, Komnas HAM adalah lembaga yang mandiri tidak lepas dari peran dan fungsinya berupa pengkajian, riset, dan penyuluhan serta aspek-aspek kemanusiaan.

“Pada fungsi itu maka harus memiliki anggota dan komisioner yang kuat yang mungkin memiliki komitmen yang tinggi,” katanya.

Gustiana berharap, kegiatan ini tidak sampai di sosialisasi saja, tapi ‎memiliki kegiatan yang berlanjut.

“Kalau dijinkan ada tindak lanjut dari sosialisi ini, jadi mungkin ada pengkajian yang lebih dalam tentang ilmu masalah hak asasi manusia,” harapan Gustiana.

Baca juga  :   ‘Nyanyian’ Calo Mahasiswa Unhas Sebut 5 Nama, Polisi Usut Aliran Dana ‘Haram’

Kemudian lanjut dia, dalam hal ini bagaimana fungsi Komnas ham berperan dalam seperti perguruan tinggi yang melakukan pengkajian, riset‎ dan penyuluhan.

Komnas Ham harus seperti perguruan tinggi yang akan melakukan pengkajian, riset dan penyuluhan,”jelasnya.(**)