Polda Kembali Bidik Kasus Korupsi Bandara Mengkendek

19 Desember 2016 16:11
ilustrasi hukum

MAKASSAR,INIKATA.com – Setelah fakum selama setahun lebih kasus korupsi pembebasan lahan badar udara mengkendek kembali dibidik pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel.

Hal itu disampaikan Direktur Direktorat Kriminal Khusus, Kombes Pol Yudhiawan. Ia mengaku, saat ini pihaknya telah melakukan klarifikasi terhadap seluruh kasus, termasuk kasus korupsi bandara Mengkendek.

” Kita sementara Klarifikasi terhadap beberapa kasus korupsi yang sempat tertunda, salah satunya bandar udara mengkendek,”jelas Yudhiawan, Senin (19/12/2016).

Selain itu, Yudhiawan tidak menapik, bahwa berkas kasus yang telah menetapkan 8 orang tersangka dari unsur tim pengadaan lahan atau tim sembilan dari mega proyek tersebut, bolak balik dari pihaknya ke kejaksaan Sulsel.

“Kita juga sementara menunggu Validitas perhitungan dari BPKP,”terangnya.

Ssbelumnya berdasarkan audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel, kerugian negara yang diakibatkan dari kejahatan korupsi itu sebesar Rp 21 Miliar dari total anggaran Rp 38 miliar yang digunakan dalam proyek pembebasan lahan bandara tersebut.

Anggarannya pembeebasan lahan itu sendiri diketahui bersumber dari dana sharing antara APBD Kabupaten Tana Toraja dan APBD Provinsi Sulsel.