Petani Sidrap Keluhkan Kelangkaan Pupuk

18 Desember 2016 14:51
Tampak lahan pertanian warga yang membutuhkan pupuk di Rappang, Kecamatan Panca Rijang, Sidrap.

SIDRAP,INIKATA.com – Mayoritas masyarakat petani di daerah ini kembali keluhkan kelangkaan pupuk sejak dua minggu lalu, sehingga hal ini dirasa perlu dilakukan upaya untuk mengantisipasi masalah ini.

Kelangkaan pupuk seperti ini, terindikasi kuat ada pihak-pihak tertentu yang sengaja menampung untuk memanfaatkan momen tersebut dengan menjual di atas harga pasaran umum yang telah ditetapkan pemerintah.

Demikian disampaikan Andi Fadli, salah seorang masyarakat petani yang ditemui di Rappang, Sidrap, Minggu (18/12/2016), mengatakan, untuk saat ini, tanaman padi mayoritas petani di sejumlah lokasi yang ada di daerah ini, sangat membutuhkan pupuk jenis NPK dan SP36 yang saat ini hilang di pasaran.

Menurutnya, kedua jenis pupuk tersebut, ada dijual di beberapa penjual pupuk namun, harganya sangat mahal dan sulit dijangkau oleh para petani, sehinggga hal tersebut akan berdampak pada menurunnya hasil produksi gabah pada musim tanam Oktober-Maret.

Untuk itu, kata petani lainnya, Makmur yang ditemui secara terpisah, mengharapkan agar pemerintah daerah melalui leading sektor untuk secepatnya mencarikan solusi agar petani yang membutuhkan pupuk dapat segera dipenuhi guna menyelamatkan usaha pertaniannya.